Rabu, 31 Oktober 2012

Analisis Jurnal lll



Tema              : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen
Pengarang      : VITA FIRDITA
Tahun             : 2007
Judul              : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN
RESTORAN SEA FOOD BINTANG LAGUNA
DI PESISIR PANTAI ANYER PROVINSI BANTEN



Latar Belakang

Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai potensi sumberdaya alam
yang melimpah baik dari sumberdaya perairannya maupun sumberdaya daratnya.
Salah satu andalan sumberdaya perairannya yaitu sumberdaya hayati perikanan.
Potensi sumberdaya hayati perikanan sebagian besar berasal dari sumberdaya
kelautannya yang memiliki keanekaragaman jenis hewan laut seperti ikan, udang,
kepiting, dan cumi-cumi yang mampu diolah menjadi produk jadi atau bahan
pangan guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Komoditas ikan kini telah menjadi salah satu komoditi pangan yang
penting. Konsumsi ikan diperkirakan akan semakin meningkat, disebabkan oleh
beberapa faktor diantaranya untuk meningkatnya jumlah penduduk serta
meningkatnya pendapatan masyarakat dunia, meningkatnya kesadaran terhadap
makanan sehat (seperti rendahnya kandungan kolesterol, tinggi asam lemak tak
jenuh ganda dan komposisi asam amino yang lebih lengkap), sehingga mendorong
konsumen untuk mengkonsumsi daging merah ke daging put ih. Untuk masyarakat
diluar pesisir pantai kebutuhan akan ikan tinggi tetapi ketersediaan ikan masih
kurang. Lain halnya pada masyarakat yang tinggal dikawasan pesisir pantai
kebutuhan akan konsumsi ikan tinggi. Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat
mendorong para pelaku bisnis untuk membuka restoran atau industri jasa boga
yang bisa dijangkau oleh konsumen, dengan menu utamanya adalah produk
perikanan laut atau istilah yang lebih dikenal yaitu makanan sea food. Munculnya
restoran sea food ini tidak hanya didasarkan kebutuhan akan mengkonsumsi ikan,
tapi juga adanya perubahan pola konsumsi pangan dan cara makan masyarakat.
Banyak masyarakat perkotaan pada umumnya lebih memilih dan mengkonsumsi
makanan diluar rumah, mulai dari warung makan, restoran hingga cafe.
Penurunan permintaan akan menu makanan sea food
diharapkan dapat diatasi melalui peningkatan kinerja restoran terhadap atribut
produk dan pelayanan restoran itu sendiri. Peningkatan kinerja akan menimbulkan
peningkatan kepuasan konsumen, sehingga diharapkan permintaan akan menu
makanan sea food juga meningkat. Hal ini yang membuat peneliti ingin
menganalisis tingkat kepuasan konsumen restoran sea food Bintang Laguna
berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan mereka.
Berdasarkan uraian diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini
adalah :
1. Bagaimana karakteristik konsumen restoran sea food Bintang Laguna?
2. Bagaimana proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen di
restoran sea food Bintang Laguna?
3. Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran
restoran sea food Bintang Laguna ?
1.3 Tujuan Penelitian
Dari latar belakang dan perumusan masalah yang dikemukakan diatas,
maka tujuan dari penelitian adalah :
1. Mengidentifikasi karakteristik konsumen restoran sea food Bintang
Laguna.
2. Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan
oleh konsumen restoran sea food Bintang Laguna.
3. Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran
restoran sea
Tujuan Penelitian
Dari latar belakang dan perumusan masalah yang dikemukakan diatas,
maka tujuan dari penelitian adalah :
1. Mengidentifikasi karakteristik konsumen restoran sea food Bintang
Laguna.
2. Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan
oleh konsumen restoran sea food Bintang Laguna.
3. Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran
restoran sea food Bintang Laguna.
Jenis dan Sumber Data

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Data primer (primary data) dilakukan melalui wawancara langsung
dengan menggunakan kuisioner kepada pihak manajemen restoran sea food
Bintang Laguna dan wawancara terhadap responden yang sedang melakukan
pembelian di restoran. sea food Bintang Laguna. Wawancara yang dilakukan
secara lisan untuk perusahaan pihak manajemen restoran sea food Bintang Laguna,
sedangkan wawancara untuk responden dilakukan dengan menggunakan panduan
kuisioner. Data sekunder (secondary data) adalah informasi yang telah dikumpulkan
untuk tujuan penelitian mencakup informasi yang ada dalam perusahaan dan
informasi yang didapat melalui Buku-buku literatur, Badan Pusat Statistik (BPS)
Kota Cilegon, Dinas Pariwisata,Seni dan Budaya Kota Cilegon, Perpustakaan
Fakultas Pertanian IPB, dan Perpustakaan Lembaga Sumberdaya Informasi IPB.
Metode Pengambilan Sampel dan Pengambilan Data
Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non probability
sampling yaitu dengan metode Judgement sampling, dimana pada metode ini
sampel diambil berdasarkan kriteria-kriteria konsumen yang telah mengkonsumsi
produk di restoran sea food Bintang Laguna, dan responden tersebut bersedia
untuk diwawancarai dan mengisi kuisioner yang penulis berikan. Kriteria
konsumen yang dijadikan responden yaitu yang pernah dua kali/lebih dalam
empat bulan terakhir untuk mengkonsumsi makanan sea food di restoran sea food
Bintang Laguna.
Penelitian melibatkan 100 orang responden yaitu pria dan wanita, usia
diatas 17 tahun baik yang sudah berumah tangga maupun yang belum berumah
tangga. Jumlah responden berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan
formulasi Slovin (Sevilla, 1993). Formulasi ini mengambil responden yang dapat
mewakili jumlah keseluruhan pengunjung yang ada di restoran sea food Bintang
Laguna. Berdasarkan nota pembayaran yang terdapat dikasir, diketahui bahwa
jumlah konsumen restoran sea food Bintang Laguna selama empat bulan terakhir,
yaitu bulan Februari 2007 adalah sebanyak 3500 (N). Dengan nilai kritis sebesar
10 persen.

Metode Pengolahan dan Analisis Data

Pengujian kuisioner akan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
pertanyaan didalam kuisioner dapat dimengerti oleh responden. Uji pendahuluan
atau uji yang dilakukan adalah uji validitas dengan menyebarkan kuisioner kepada
15 orang responden dengan kriteria responden adalah konsumen yang pernah
makan di restoran sea food Bintang Laguna. Uji validitas dilakukan dengan
menggunakan metode Cochran Q Test. Jawaban Pilihan responden untuk
pertanyaan sudah disediakan. Responden tinggal memilih atribut mana yang
dianggap berkaitan dengan restoran sea food Bintang Laguna. Atribut yang sudah
disediakan ditentukan oleh peneliti dengan melihat keadaan restoran

hasil

Penilaian kinerja bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen.
Kepuasan konsumen tercapai apabila kinerja dari pelayanan restoran sea food
Bintang Laguna ini sesuai dengan kepentingannya. Kesesuaian kinerja produk
dengan kepentingan konsumen dapat diketahui melalui penilaian responden
terhadap tingkat kepentingan pada atribut yang mempengaruhi kepuasan
konsumen. Atribut yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 26 atribut.
Perhitungan rata-rata penilaian responden tehadap atribut restoran dapat
dilihat pada Tabel 26. Setiap atribut akan dibahas dengan hasil olahan data
berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja dengan menggunakan
Importance Performance Analysis.




Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Konsumen yang datang ke restoran sea food Bintang Laguna sebagian besar
adalah laki- laki, berpendidikan terakhir SMU dan berstatus sudah menikah.
Jenis pekerjaan paling banyak adalah pegawai negeri. Suku yang paling
banyak datang berkunjung ke restoran sea food Bintang Laguna adalah suku
Sunda dan suku Jawa.
2. Alasan utama bagi responden datang ke restoran sea food Bintang Laguna
adalah karena rasa produk makanan sea food berkaitan erat dengan mutu
bahan baku yang digunakan yaitu dari hasil produk khas laut, racikan bahan,
dan metode pengolahan makanan. Informasi mengenai keberadaan restoran
sea food Bintang Laguna diperoleh dari keluarga. Kunjungan responden lebih
banyak tergantung situasi, dan lebih memilih berkunjung pada hari libur,
karena restoran tersebut dekat dengan tempat pariwisata pantai Anyer.
3. Kepuasan konsumen terhadap atribut produk restoran sea food Bintang Laguna
berdasarkan hasil analisis importance performance analysis. Atribut restoran
yang perlu dipertahankan adalah Rasa, aroma, halal, harga, kebersihan menu,
penampilan menu, Kema mpuan pramusaji berkomunikasi dengan pengunjung,
kecepatan penyajian, diskon harga makanan, keramahan, perhatian dan
kesopanan pramusaji, dan kebersihan restoran. Prioritas dari atribut restoran
yang perlu ditingkatkan adalah kesesuaian menu dengan pesanan, kesigapan
pramusaji, variasi menu, keamanan dan kenyamanan restoran.
4. Indeks kepuasan konsumen dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai indeks
kepuasan konsumen terhadap atribut restoran sea food Bintang Laguna
memiliki nilai sebesar 76,88 persen. Yang artinya konsumen puas terhadap
kinerja restoran sea food Bintang Laguna.

Rekomendasi

Saran yang direkomendasikan penulis kepada pihak restoran sea food
Bintang Laguna berdasarkan hasil analisis adalah :
1. Pihak manajemen restoran perlu memberikan perhatian pada atribut-atribut
yang berada pada kuadran I untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan
mengantisipasi apabila terjadi perubahan pada tingkat kepentingan dimasa
yang akan datang sehingga dapat menjadi keunggulan bersaing bagi restoran
sea food Bintang Laguna. Selain itu umumnya ketidakpuasan konsumen
berawal dari atribut-atribut pada kuadran ini.
2. Restoran sea food Bintang Laguna sebaiknya memprioritaskan peningkatan
kinerja atribut pada variasi menu, karena dengan variasinya makanan yang
ditawarkan konsumen memiliki berbagai pilihan dalam membeli dan dapat
mencoba jenis makanan lain.
3. Pihak manajemen perlu meningkatkan kinerja dari kesesuaian menu dengan
pesanan yang diinginkan oleh konsumen dengan yang ditawarkan oleh
restoran sea food Bintang Laguna karena konsumen cenderung menginginkan
makanan yang ditawarkan dapat memenuhi harapan mereka.
4. Perlunya dibangun pos penjagaan untuk meningkatkan keamanan
dilingkungan restoran sea food Bintang Laguna hal ini sesuai dengan
keinginan utama konsumen untuk keamanan dan kenyamanan dalam
melakukan pembelian di restoran tersebut.

Refrensi

http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/1535

Tidak ada komentar:

Posting Komentar