METODOLOGI
Kerangka
Pemikiran Penelitian
Semakin pesatnya persaingan antara
bisnis restoran di Indonesia membuat para pengusaha restoran berlomba-lomba
untuk memberikan kepuasan bagi para konsumennya. Dengan demikian, kepuasan
konsumen menjadi prioritas utama dimana tingkat kepentingan dan pelaksanaan
kinerja yang yang dilakukan oleh pengusaha restoran harus sesuai dengan harapan
konsumen. Pemenuhan harapan menciptakan kepuasan bagi konsumen. Konsumen yang
terpuaskan akan menjadi pelanggan, maka agar restoran tidak kehilangan
pelanggannya, perlu meningkatkan kepuasan pelanggannya. Pelanggan yang puas
akan selalu setia terhadap restoran tersebut dengan melakukan pembelian ulang
dan mengatakan hal-hal yang baik tentang restoran tersebut kepada orang lain.
Dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumennya, restoran harus mengetahui
karakteristik konsumennya agar dapat mengetahui apa yang diinginkan konsumen,
sehingga konsumen benar-benar merasakan kepuasan atas produk dan pelayanan yang
diberikan. Tingkat kinerja adalah sejauh mana sebuah restoran telah melakukan
kinerjanya, apakah sudah baik atau masih perlu ditingkatkan. Tingkat
kepentingan merupakan harapan konsumen terhadap kinerja restoran. Tingkat
kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan kinerja yang dihasilkan dengan harapan
konsumen. Tingkat kepuasan konsumen ini nantinya akan menjadi tolak ukur
kinerja bagi restoran Burger & Grill dan menjadi alternatif strategi
dalam langkah meningkatkan kepuasan konsumen. Kerangka pemikiran penelitian disajikan
dalam Gambar 4.
Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan di Restoran Burger & Grill yang
berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 485, Depok. Dasar pertimbangan dalam
pemilihan lokasi penelitian adalah jumlah pengunjung yang datang ke Restoran Burger
& Grill relatif tinggi, walupun banyak restoran-restoran pesaing yang
berada di sekitarnya dan lokasinya pun strategik untuk dijadikan tempat makan.
Penelitian dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada bulan April - Juni 2009.
Pengumpulan Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
dan sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung
di lapangan oleh orang yang melakukan penelitian, seperti data hasil wawancara,
data observasi dan survei, dan sebagainya. Data sekunder merupakan data yang
diperoleh atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang telah ada, seperti buku,
internet, serta laporan-laporan penelitian terdahulu (Hasan, 2004). Dalam
penelitian ini, data primer diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan
wawancara. Wawancara dilakukan dengan pihak manajemen restoran, yakni secara
lisan, sedangkan wawancara dengan konsumen dilakukan dengan panduan kuesioner
(Lampiran 1). Kuesioner yang diberikan kepada konsumen berisikan pertanyaan
tertutup dan pertanyaan semi terbuka. Pertanyaan tertutup berupa pertanyaan
yang alternatif jawabannya sudah tersedia. Pertanyaan semi terbuka adalah
pertanyaan yang memberikan pilihan dan juga menyediakan tempat untuk jawaban
secara bebas jika jawaban konsumen ada di luar alternatif pilihan yang
tersedia. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari Dinas Pariwisata dan
Budaya, buku, laporan penelitian terdahulu, internet dan lain-lain.
Teknik pengambilan contoh yang digunakan adalah purposive
sampling, yaitu pengambilan contoh yang dilakukan secara sengaja, dengan catatan
bahwa contoh tersebut dapat mewakili populasi. Dalam penelitian ini
karakteristik contoh untuk pengisian kuesioner adalah konsumen yang sedang
makan di restoran Burger & Grill untuk frekuensi makan satu kali
atau lebih. Dari hasil wawancara dengan pihak manajemen restoran Burger
& Grill, didapatkan bahwa rataan jumlah konsumen restoran Burger
& Grill per bulan 9.000 orang. Jumlah konsumen yang dijadikan contoh
dalam penelitian sebanyak 100 konsumen, untuk mewakili perilaku dan kepuasan
para konsumen restoran Burger & Grill. Jumlah contoh tersebut
diperoleh melalui perhitungan Slovin berikut :
n =𝑁(1+𝑁𝑒²).......................................................
(1)
Dimana : n = Jumlah contoh N = Jumlah populasi e = Tingkat
kesalahan yang masih dapat ditolerir (10%)
Pengolahan dan Analisis Data
Analisis data adalah proses mengelompokkan, membuat suatu
urutan, memanipulasi dan meningkatkan data, sehingga mudah dibaca. Untuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen dapat dilihat dari tanggapan atau
penilaian konsumen menurut tingkat kepentingan dan kinerja yang dirasakan
konsumen terhadap atribut-atribut restoran Burger & Grill. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Analisis data kualitatif mengunakan alat analisis deskriptif,
sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan alat analisis IPA dan CSI.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statistical
Product and Service Solution) versi 15 dan Microsoft Excel.
Analisis Data Deskriptif
Analisis data
deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran tentang karakteristik konsumen
secara keseluruhan berdasarkan data yang diperoleh dari kuesioner. Analisis
deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti suatu kelompok manusia, suatu
obyek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada
masa sekarang. Tujuannya untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis,
faktual dan akurat, mengenai fakta-fakta, sifat-sifat dan hubungan antara
fenomena yang diselidiki (Nazir, 2003).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar